Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Panduan-panduan Kurikulum Merdeka Edisi Revisi 2024 (Panduan Pengembangan Kurikulum Satuan Pendidikan, Panduan Pembelajaran dan Asesmen, dan Panduan Pengembangan Projek Profil Pelajar Pancasila)

   

Panduan Pengembangan Kurikulum Satuan Pendidikan Edisi Revisi Tahun 2024

 

 

Panduan Pengembangan Kurikulum Satuan Pendidikan (KSP) merupakan dokumen untuk membantu satuan pendidikan dalam mengembangkan kurikulumnya. Panduan meliputi komponen minimal yang ditetapkan oleh Kementerian dalam Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2024 dan satu komponen tambahan, yaitu evaluasi, pendampingan, dan pengembangan profesional yang dapat dilaksanakan oleh satuan pendidikan yang siap untuk meningkatkan kualitas pembelajaran yang berkelanjutan. Dalam menyusun kurikulum satuan pendidikan, satuan pendidikan diberikan kewenangan untuk menentukan bentuk dan sistematika penyusunannya, dan dapat disesuaikan dengan konteks satuan pendidikan.

LINK PREVIEW dan DOWNLOAD

  

Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Edisi Revisi Tahun 2024

 

 

Panduan ini berisi prinsip-prinsip pengembangan projek penguatan profil pelajar Pancasila dan dibuat untuk mendampingi dokumen lain yang mempunyai peran saling melengkapi. Untuk mendapatkan pemahaman yang menyeluruh, panduan ini perlu dipakai bersamaan dengan dokumen profil pelajar Pancasila dan contoh modul projek penguatan profil pelajar Pancasila. Dokumen profil pelajar Pancasila berisi matriks perkembangan untuk setiap sub elemen seluruh jenjang. Sementara modul projek penguatan profil pelajar Pancasila berisi contoh perencanaan kegiatan projek penguatan profil pelajar Pancasila yang disusun sesuai dengan tema dan fase tertentu.

LINK PREVIEW dan DOWNLOAD

  

Panduan Pembelajaran dan Asesmen Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, Dan Pendidikan Menengah

 

 

Panduan Pembelajaran dan Asesmen merupakan dokumen yang berisi prinsip, strategi, dan contoh-contoh yang dapat memandu pendidik dan kepala satuan pendidikan dalam perencanaan, pelaksanaan, pembelajaran dan asesmen. Pembelajaran adalah kegiatan belajar yang diselenggarakan dalam suasana belajar; interaktif; inspiratif; menyenangkan; menantang; memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif; dan memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik, serta psikologis peserta didik. Sementara asesmen adalah aktivitas selama proses pembelajaran untuk mencari bukti ketercapaian tujuan pembelajaran. 

LINK PREVIEW dan DOWNLOAD

 

Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Edisi Revisi Tahun 2024

 

 

Panduan ini menjelaskan tentang konsep, perencanaan, pelaksanaan, pengembangan, dan evaluasi Tefa di SMK. Panduan ini merupakan acuan bagi setiap SMK serta bagi semua pihak yang terlibat dalam pelaksanaannya sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing. Panduan ini diharapkan dapat mempermudah dan mempercepat SMK dalam mengimplementasikan Tefa.

LINK PREVIEW dan DOWNLOAD

 

Panduan Pengembangan Bakat dan Minat Melalui Pemilihan Konsentrasi Keahlian dan Ekstrakurikuler

 

 

Panduan Pengembangan Bakat dan Minat Peserta Didik SMK melalui Pemilihan Konsentrasi keahlian dan Ekstrakurikuler ini diharapkan member arahan kepada penyelenggara pendidikan SMK dan pemangku kepentingan dalam pembinaan dan pengembangan bakat dan minat peserta didik. Dengan demikian, dapat mengoptimasi aktivitas intrakurikuler dan ekstrakurikuler yang bermanfaat bagi peserta didik. Panduan ini dapat menjadi acuan dan suplemen bagi sekolah dalam memberikan layanan dan fasilitasi penyaluran bakat dan minat peserta didik.

LINK PREVIEW dan DOWNLOAD

  

Panduan Pemetaan Kemampuan Fondasi dengan Konstruk Pembelajaran dan Aspek Perkembangan

 

 

Panduan Pemetaaan Kemampuan Fondasi dengan Konstruk Pembelajaran dan Aspek Perkembangan merupakan dokumen yang berisi penjelasan mengenai nilai, pengetahuan, dan keterampilan yang tertuang di dalam enam aspek kemampuan fondasi. Enam aspek kemampuan fondasi ini perlu dipahami sebagai jembatan yang memiliki dua fungsi. Fungsi pertama: memastikan peserta didik PAUD dapat melanjutkan prosesnya untuk memiliki kemampuan fondasi; dan fungsi kedua: memastikan peserta didik di jenjang pendidikan dasar yang tidak pernah melalui PAUD, tetap mendapatkan haknya untuk dibina agar memiliki kemampuan fondasi. Enam aspek kemampuan fondasi ini bukanlah Capaian Pembelajaran ataupun Kompetensi Dasar, melainkan nilai, pengetahuan, dan keterampilan yang dapat dibangun pada setiap peserta didik melalui struktur kurikulum PAUD dan SD. 


LINK PREVIEW dan DOWNLOAD

 

Panduan Praktik Kerja Lapangan Sebagai Mata Pelajaran Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka

 

 

Panduan Praktik Kerja Lapangan Sebagai Mata Pelajaran Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka  merupakan dokumen yang berisi prinsip, implementasi PKL dalam Kurikulum Merdeka, tata cara pelaksanaan PKL, dan tata cara evaluasi program PKL. Dalam panduan ini dijelaskan tentang penyusunan program PKL, kegiatan pengganti PKL, serta cara menghitung jam pelajaran bagi guru pembimbing yang diharapkan membantu satuan pendidikan. Panduan Praktik Kerja Lapangan Sebagai Mata Pelajaran Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka bersifat dinamis dan akan disesuaikan di kemudian hari berdasarkan perkembangan dan situasi.

LINK PREVIEW dan DOWNLOAD

  

Panduan Pemilihan Mata Pelajaran Pilihan di SMA/MA/Bentuk Lain yang Sederajat

 

 

Kurikulum Merdeka menyediakan ruang untuk mengembangkan minat, bakat, dan kemampuan peserta didik secara optimal. Salah satunya dengan memberikan keleluasaan kepada peserta didik untuk memilih mata pelajaran sesuai dengan minat, bakat, dan kemampuannya. Dengan adanya keleluasan ini peserta didik diharapkan semakin terampil dalam mengoptimalkan potensi diri dan dapat bertanggung jawab pada pilihannya. Sehingga perlu disusun panduan yang dapat mengarahkan satuan pendidikan dalam merancang mekanisme pemilihan mata pelajaran pilihan pada Kurikulum Merdeka. Panduan ini diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi satuan Pendidikan dalam penyelenggaraan pemilihan mata pelajaran pilihan di SMA sehingga satuan pendidikan dapat memfasilitasi proses pembelajaran untuk mengembangkan minat, bakat, dan kemampuan peserta didik secara optimal.


LINK PREVIEW dan DOWNLOAD

  

Panduan Laporan Hasil Belajar di Satuan Pendidikan Anak Usia Dini

 

 

Panduan Laporan Hasil Belajar di Satuan PAUD merupakan dokumen yang berisi prinsip, strategi, dan contoh-contoh yang bertujuan memandu pendidik dan satuan pendidikan dalam menyusun laporan hasil belajar. Lebih luasnya panduan ini bertujuan untuk memfasilitasi proses berpikir pendidik dalam melakukan perencanaan dan pelaksanaan asesmen di PAUD. Panduan dimulai dari: 1) pemahaman tentang komponen yang perlu ada di dalam laporan hasil belajar; 2) prinsip asesmen serta contoh pelaksanaan asesmen di PAUD yang disusun berdasarkan kekhasan pembelajaran di PAUD; 3) perancangan dan pelaksanaan asesmen yang merupakan mekanisme untuk mengumpulkan informasi yang diperlukan di dalam laporan; dan 4) pelaporan hasil belajar.

LINK PREVIEW dan DOWNLOAD

 

Panduan Pelaksanaan Pendidikan Inklusif

 

 

Panduan ini merupakan salah satu acuan yang dapat digunakan untuk implementasi kurikulum merdeka bagi peserta didik berkebutuhan khusus pada satuan pendidikan umum. Penyusunan panduan ini bertujuan untuk memandu stakeholder memahami pendidikan inklusif sehingga dapat menyediakan layanan pendidikan yang sesuai untuk peserta didik berkebutuhan khusus. Panduan Pelaksanaan ini dikembangkan dengan melibatkan akademisi, praktisi, dan direktorat terkait. Sebagai dokumen hidup, panduan ini masih terus dikembangkan. Karena itu, kami sangat mengharapkan kritik dan saran yang membangun dari para pembaca.

LINK PREVIEW dan DOWNLOAD

 

Panduan Program Pendidikan Individual

 

 

Panduan ini merupakan salah satu kelengkapan yang dapat digunakan untuk implementasi kurikulum merdeka di pendidikan khusus, baik di satuan pendidikan khusus maupun satuan pendidikan umum. Penyusunan panduan ini bertujuan untuk memandu para tenaga pendidik agar dapat menyusun rancangan pendidikan yang sesuai untuk peserta didik berkebutuhan khusus, mengingat banyaknya permasalahan yang terjadi di lapangan. Panduan Pendidikan Individual ini dikembangkan dengan melibatkan akademisi, praktisi, dan direktorat terkait.

LINK PREVIEW dan DOWNLOAD

  

Tahapan Implementasi Kurikulum Merdeka

 

 

Tahapan ini dikembangkan sebagai langkah atau proses belajar untuk melakukan perubahan atas praktik pembelajaran dan asesmen yang perlu dilakukan pendidik saat mereka menggunakan Kurikulum Merdeka. Secara teknis pendidik dapat mengimplementasikan Kurikulum Merdeka pada tahap yang berbeda. Namun demikian, secara filosofis setiap tahap dirancang agar pendidik tetap mengacu pada prinsip-prinsip pembelajaran dan asesmen (Prinsip Pembelajaran dan Prinsip Asesmen dapat dipelajari dalam Panduan Pembelajaran dan Asesmen).

LINK PREVIEW dan DOWNLOAD

 

Panduan Implementasi Bimbingan Konseling

 

Panduan implementasi BK merupakan dokumen yang berisi prinsip, strategi, dan contohcontoh yang dapat memandu guru dan satuan pendidikan dalam perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi layanan BK. Layanan yang dimaksud meliputi layanan dasar, peminatan dan perencanaan individual, responsif, dan menguatkan tumbuhnya sistem, strategi satuan pendidikan dalam pencegahan serta penanganan isu penting, termasuk melalui pemberdayaan keluarga, dan mitra sekolah lain. Panduan ini merupakan bagian dari panduan pelaksanaan Kurikulum Merdeka, sehingga perlu digunakan bersama dokumen regulasi tentang Kurikulum Merdeka, Panduan Pembelajaran dan Asesmen, Panduan Kurikulum Operasional Sekolah, dan Panduan pengembangan Projek Profil Pelajar Pancasila.


LINK PREVIEW dan DOWNLOAD

 

Post a Comment for "Panduan-panduan Kurikulum Merdeka Edisi Revisi 2024 (Panduan Pengembangan Kurikulum Satuan Pendidikan, Panduan Pembelajaran dan Asesmen, dan Panduan Pengembangan Projek Profil Pelajar Pancasila)"