Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengenal Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dan Contoh Modul Ajar P5

 Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila yang biasa disingkat dengan PPPPP (P5) adalah pembelajaran lintas disiplin ilmu dalam mengamati dan memikirkan solusi terhadap permasalahan di lingkungan sekitar untuk menguatkan kompetensi dan karakter siswa. Projek penguatan profil pelajar Pancasila juga merupakan kegiatan kokurikuler yang berbasis projek yang dirancang terpisah dari  intrakurikuler. Kegiatan kokurikuler bertujuan untuk penguatan, pendalaman atau pengayaan kegiatan intrakurikuler. Jadwal kegiatan kokurikuler terpisah dari kegiatan intrakurikuler. Projek penguatan profil pelajar pancasila bertujuan untuk menguatkan pencapaian kompetensi dan karakter peserta didik  berdasarkan kompetensi lulusan. Kegiatan projek penguatan profil pelajar pancasila dilakukan secara fleksibel baik dari sisi waktu pelaksanaan, dari sisi muatan, tema yang diambil, dan tempat pelaksanaan kegiatan.

Dari buku Pedoman Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dituliskan pengertian tentang arti dari profil pelajar pancasila yaitu Pelajar Indonesia merupakan pelajar sepanjang hayat yang kompeten, berkarakter, dan berprilaku sesuai dengan nilai-nilai pancasila. Profil pelajar pancasila terdiri dari enam dimensi, yaitu sebagai berikut:
1. Beriman, bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa, dan berakhlak mulia.
2. Berkebhinekaan global
3. Bergotong royong
4. Mandiri
5. Bernalar kritis
6. Kreatif
Dimensi profil pelajar pancasila menunjukan bahwa pelajar pancasila tidak hanya fokus pada kemampuan kognitif saja tetapi juga sikap dan perilaku sesuai jati diri sebagai bangsa Indonesia dan juga sebagai warga dunia. Setiap dimensi profil pelajar Pancasila terdiri dari beberapa elemen dan sub elemen, gambar berikut menunjukan elemen masing-masing dari dimensi profil pelajar Pancasila.


Untuk menerapkan projek penguatan profil pelajar pancasila dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut:
1. Memahami projek penguatan profil pelajar Pancasila
2. Menyiapkan ekosistem sekolah
3. Mendesain projek penguatan profil pelajar Pancasila
4. Mengelola projek penguatan profil pelajar Pancasila
5. Mendokumentasikan dan melaporkan hasil projek penguatan profil pelajar Pancasila
6. Evaluasi dan tindak lanjut projek penguatan profil pelajar Pancasila.
Projek penguatan profil pelajar Pancasila memiliki prinsip-prinsip dalam pengimplementasiannya, yaitu bersifat holistik, kontekstual, berpusat pada peserta didik dan eksploratif.


Berikut ini merupakan contoh modul projek penguatan profil pelajar pancasila yang bisa langsung diunduh pada setiap nama modul projek.


Selain dapat diunduh melalui tautan pada tabel di atas, tema projek penguatan profil pelajar Pancasila tersebut di atas juga dapat dibaca secara langsung pada bagian di bawah ini:

1. Gaya Hidup


2. Bhineka Tunggal Ika


3. Bangunlah Jiwa dan Raganya - Sungai Kehidupanku Sebelum dan Sesudah Akil Balig


4. Bangunlah Jiwa dan Raganya


5. Suara Demokrasi - Mari Berdemokrasi dengan Santun dan Berkualitas


6. Berekayasa dan Berteknologi 


7. Wirausaha


Selain contoh-contoh modul project penguatan profil pelajar Pancasila di atas pada postingan ini juga disertakan pedomannya juga. Di bawah ini merupakan Panduan Penguatan Projek Profil Pancasila dan Dimensi, elemen, subelemen Profil Pelajar Pancasila pada Kurikulum Merdeka.



Post a Comment for "Mengenal Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dan Contoh Modul Ajar P5"