Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kemenag Selesaikan Data Kebutuhan Sarana Prasarana Madrasah




Kupang (Kemenag) --- Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama tengah menyelesaikan data kebutuhan sarana prasaranan madrasah. Data ini akan menjadi acuan dalam perencanaan program penguatan sarana prasarana madrasah di masa mendatang.

Skema akselerasi penyelesaian data ini dibahas bersama dalam Rapat Koordinasi Program Sarana Prasarana Madrasah. Kegiatan yang berlangsung di Kupang, NTT, 26 – 28 Juni 2024 ini bertujuan menguatkan peta jalan sarana prasarana madrasah.

Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah, Muchamad Sidik Sisdiyanto memberikan catatan khusus terkait data pada EMIS dan SIMSARPRAS. Menurutnya, EMIS sebagai acuan akreditasi tidak berbanding lurus dengan data SIMSARPRAS dalam pengajuan bantuan sarana prasarana.

"Itu yang terus menerus dikejar oleh BAPPENAS. Meraka kesulitan merencanakan penyelesaian rehabilitasi ruang kelas madrasah atau pengadaan ruang kelas baru kalau data yang Kementerian Agama miliki sulit dijadikan acuan," pesan Sidik Sisdiyanto di Kupang, Rabu (26/6/2024).

Sidik mengaku sudah memiliki daftar shortlist dan longlist madrasah yang secara bertahap membutuhkan penuntasan dari segi sarana prasarana. "Shortlist dan longlist ini, nantinya akan jadi acuan, blueprint penuntasan sarana prasarana madrasah," terangnya.

Kepala Subdirektorat Sarana Prasarana Direktorat KSKK Madrasah, Arif Rahman menyebut masih ada satuan kerja yang belum update SISBSN dan SIMPRO. "Untuk anggaran sarana prasarana madrasah swasta masih terkena blokir, fokus kami di Subdit memantau pelaporan pelaksanaan SBSN pada laman SIMPRO dan SISBSN," katanya.

Kepala Sub Bagian Tata Usaha Direktorat KSKK, Muhammad Rifa'i menyebut penunjukan NTT sebagai tempat pelaksanaan Rapat Koordinasi Program Sarana Prasarana Madrasah dikarenakan pentingnya penuntasan masalah sarana prasarana pendidikan madrasah di daerah 3T.

"Daerah 3T ini menjadi kepedulian pemerintah bersama mengingat ini daerah sebagai lembar utama pendidikan madrasah di mata negara tetangga," pungkasnya.

Rapat Koordinasi Program Sarana Prasarana Madrasah dihadiri Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Kantor Wilayah Kementerian Agama dan Ketua Tim Sarana Prasarana Bidang Pendidikan Madrasah Kantor Wilayah Kementerian Agama. (m.a.k)


Sumber : https://kemenag.go.id/nasional/kemenag-selesaikan-data-kebutuhan-sarana-prasarana-madrasah-f1NVS

Post a Comment for "Kemenag Selesaikan Data Kebutuhan Sarana Prasarana Madrasah"